TUGAS KETIGA SIM
“Perbandingan website pemerintah daerah dengan website swasta”
Dosen pengampu:
Aldri Frinaldi, SH.,M.Hum.,PhD.
PEMBAHASAN
A. WEBSITE PEMERINTAH
Di
zaman era globalisasi ini tentunya yang sangat dibutuhkan pastinya media.
Bagaimana Pemerintah dan masyarakat bisa menjalankan komunikasi yang lancar
dengan pemerintah kota setempat. Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa
terjalin suasana kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan
jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat
untuk mengkomunikasikan kebijakan serta memudahkan masyarakat untuk mengenal
pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk
mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan
pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
Terkait
dengan Website, memang tidak mudah untuk selalu meng-update berita-berita
tertentu tetapi memang sudah keharusan agar terciptanya kondisi komunikasi 2
arah yang baik. Kelengkapan profil & Kondisi tampilan website terkait tidak
terlalu buruk dengan disisihkan gambar-gambar
budaya dan lambang kota. web ini memiliki pembagian khusus berita-berita
pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan dan ekonomi. Namun berita tersebut
terkadang sudah lama dan terposting dengan buruk.
Pada
perkembangannya fungsi website diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber
informasi yang bersifat pasif, namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga
fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti
telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan
dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari
pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses
pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas,
transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan[11]. Dengan terwujudnya
website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang
optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan
terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai
penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website
tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan
pemerintahan.
Unsur
terpenting dari sebuah tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi
(content) dan disain yang baik serta menarik. Sebuah situs web pemerintah
daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web pemerintah
daerah harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai
apa yang seharusnya ada di situs web.
CONTOH WEBSITE PEMERINTAHAN
Diambil dalam website pemerintahan
kota bukittinggi http://www.bukittinggikota.go.id/
Didalam
website memaparkan suatu kota bukittinggi kota yang kuat akan visi dan misi
yang di tunjukkan oleh wali kota dan wakil wali kota.dengan dijelaskanya visi
misinya “Terwujudnya Bukittinggi Kota Tujuan Pariwisata, Pendidikan, Kesehatan,
Perdagangan dan Jasa Berlandaskan Nilai-Nilai Agama dan Budaya” Kota yang
memberi pelayanan itu adalah utama bagi visi dan misi nya. Lalu dijelaskan di
websitenya “semoga website ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas serta bagi
masyarakat bukittinggi sendiri. Mereka yang disilin terhadap kinerja nya demi
pelayanan dengan baik. Seperti berita terbarunya melakukan langkah-langkah
penyebaran COVID-19. Demi kenyamanan masyarakat bukittinggi serta yang ingin
berkunjung ke kota bukittinggi itu sendiri.
Dapat
disimpulkan Website Public dan beserta contohnya Website Pemerintahan ini
bertujuan untuk layanan publik. Berisikan data-data pemerintahan kota tersebut.
Dan sangat jelas berorientasi kepada masyarakat. Lalu didalam website ini
memberikan kinerja sesuai apa yang mereka visikan dan sama sekali tidak untuk
mencari keuntungan kepada masyarakat. Tetapi lebih menguntungkan dan
mengutamaan masyarakat dalam mengakses informasi dan komunikasi melalui media
internet seperti website.
B. Website Swasta
Internet
memperlakukan daya tarik bisnis yang begitu maju dan luas. Internet merupakan
teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Dengan tersedianya media
yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas
maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat
situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang
diberikan.
Dengan
adanya situs Website pada sebuah perusahaan tentunya memudahkan masyarakat
dalam mengetahui semua tentang perusahaan tersebut. Dengan mengamati website
terkait dapat disimpulkan bahwa website swasta sangat kreatif dan memiliki
karakteristik berbeda. sebagai perusahaan swasta yang memiliki SDM yang
terpilih untuk mengelola website ini memang ahli dalam teknologi informasi. Perusahaan
yang bergerak di bidang pangan ini memiliki website yang begitu update
Perusahaan
yang memiliki web khusus menjadikan sebagai proses pengenalan kepada masyarakat
untuk daya tarik produk yang mereka jual agar masyarakat lebih terbiasa dalam
mengenal mereka. Tetapi memang di Indonesia ini masyarakat tertentu yang bisa
mengakses web ini, tentunya mereka juga berperan penting dalam membangun negeri
ini dengan juga menjadikan produk Indonesia terkenal di luar negeri.
CONTOH
WEBSITE PRIVATE/ SWASTA:
Diambil
didalam website https://www.tiket.com/
Dihalaman pertama terlihat berisikan
menu dan tampilan awal yang menarik. Dengan menampilkan pelayanan yang menarik
serta terlihat pada gambar ada pula artis ternama yang ikut dalam mempromosikan
perusahaan swasta ini tersebut. Yang memberikan pelayanan tiket kemana pun anda
inginkan. Akan tersedia disini. Dengan design yang menarik juga tentunya dan
juga memberikan pelayanan diskon setiap info nya yang membuat masyarakat
tertarik pada perusahaan nya.
Pada
halaman terakhir menunjukan jika ada kesalahan pada pelanggan silahkan hubungin
yang tertera pada website nya. Lalu memperlihatkan keamanan pada pemesanan. Dan
juga terlihat rapi dan kompeten dalam berbisnis.
Manfaat
dari website bagi perusahaan adalah:
1) Meningkatkan
visibilitas/kehadiran perusahaan. Dengan membuat website perusahaan berarti
menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka
showroom (ruang pamer) yang baru
2) Menyediakan
informasi profil perusahaan secara detail.
3) Mengkomunikasikan
produk dan jasa perusahaan secara mendetail. Dalam proses pemasaran,.
4) Memudahkan
client menghubungi. Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan
kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama
perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan
kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
5) Meningkatkan
kualitas layanan pelanggan Dalam website kita dengan mudah menambahkan
informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa.
6) Meningkatkan
kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju
dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
7) Sarana
Penjualan Produk. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk
memperkenalkan produk kepada dunia internet (Publikasi Bisnis)
9) Memperkenalkan
Profil Perusahaan. Semakin banyak orang yang mengenal profil perusahaan kita
maka akan makin terkenal profil tersebut yang berkelanjutan dengan dikenalnya
prodak yang kita jual. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika
profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil
perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif karena dengan website
perusahaan dapat beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam
sehari. Selain itu juga memberikan
edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang diberikan.
10) Menjadi
Sarana Resmi Publikasi Perusahaan . Lewat website, perusahaan bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi
resmi.
11) Branding.
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. peran membangun
branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara
khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu
branding lewat website sangat diperlukan .
12) Kemudahan
Memberi Informasi. konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer
service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
13) Kemudahan
Melakukan Polling. Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan
keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa
membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet
ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa kita
tampilkan di website.
14)
Menunjukkan Kesan Profesional. Dengan adanya website mempermudah klien dalam
melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang kita berikan.
Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.
C. Perbandingan Website Pemerintah dengan
Swasta
Setiap
orang memerlukan beragam barang dan jasa baik yang disediakan oleh pemerintah
maupun swasta. Produk barang atau jasa yang disediakan pemerintah ( public
goods) diantaranya adalah pelayanan atas keamanan, pelayanan identitas diri
seperti KTP, SIM maupun akta tanah, pelayanan listrik, pelayanan pendidikan
maupun kesehatan. Meskipun untuk yang dua hal terakhir (pelayanan pendidikan
dan kesehatan), pihak swasta juga menyediakannya.
Yang
menjadi perbedaan mendasar antara pelayanan yang disediakan oleh negara
(institusi pelayanan publik) dan swasta adalah dari sudut peran. Bahwa negara
wajib mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengalokasikan (dalam bentuk
pelayanan publik dan subsidi) kepada rakyat demi kesejahteraannya.
Pelayanan
publik, Sistem dan perilaku birokrasi pelayanan publik lebih pada mencerminkan
model organisasi yang tidak efisien dan efektif, minim akuntabilitas serta
tidak berorientasi kepada masyarakat sebagai konsumen yang dilayaninya.
Komentar
Posting Komentar