TUGAS KETIGA SIM
“Perbandingan website pemerintah daerah dengan website swasta”

Dosen pengampu:

Aldri Frinaldi, SH.,M.Hum.,PhD.




PEMBAHASAN


A.  WEBSITE PEMERINTAH

Di zaman era globalisasi ini tentunya yang sangat dibutuhkan pastinya media. Bagaimana Pemerintah dan masyarakat bisa menjalankan komunikasi yang lancar dengan pemerintah kota setempat. Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan kebijakan serta memudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.

Terkait dengan Website, memang tidak mudah untuk selalu meng-update berita-berita tertentu tetapi memang sudah keharusan agar terciptanya kondisi komunikasi 2 arah yang baik. Kelengkapan profil & Kondisi tampilan website terkait tidak terlalu buruk dengan disisihkan gambar-gambar  budaya dan lambang kota. web ini memiliki pembagian khusus berita-berita pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan dan ekonomi. Namun berita tersebut terkadang sudah lama dan terposting dengan buruk.

Pada perkembangannya fungsi website diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif, namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan[11]. Dengan terwujudnya website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi (content) dan disain yang baik serta menarik. Sebuah situs web pemerintah daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web pemerintah daerah harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di situs web.


CONTOH WEBSITE PEMERINTAHAN

Diambil dalam website pemerintahan kota bukittinggi http://www.bukittinggikota.go.id/


Didalam website memaparkan suatu kota bukittinggi kota yang kuat akan visi dan misi yang di tunjukkan oleh wali kota dan wakil wali kota.dengan dijelaskanya visi misinya “Terwujudnya Bukittinggi Kota Tujuan Pariwisata, Pendidikan, Kesehatan, Perdagangan dan Jasa Berlandaskan Nilai-Nilai Agama dan Budaya” Kota yang memberi pelayanan itu adalah utama bagi visi dan misi nya. Lalu dijelaskan di websitenya “semoga website ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas serta bagi masyarakat bukittinggi sendiri. Mereka yang disilin terhadap kinerja nya demi pelayanan dengan baik. Seperti berita terbarunya melakukan langkah-langkah penyebaran COVID-19. Demi kenyamanan masyarakat bukittinggi serta yang ingin berkunjung ke kota bukittinggi itu sendiri.


Dapat disimpulkan Website Public dan beserta contohnya Website Pemerintahan ini bertujuan untuk layanan publik. Berisikan data-data pemerintahan kota tersebut. Dan sangat jelas berorientasi kepada masyarakat. Lalu didalam website ini memberikan kinerja sesuai apa yang mereka visikan dan sama sekali tidak untuk mencari keuntungan kepada masyarakat. Tetapi lebih menguntungkan dan mengutamaan masyarakat dalam mengakses informasi dan komunikasi melalui media internet seperti website.

B.     Website Swasta
Internet memperlakukan daya tarik bisnis yang begitu maju dan luas. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan.

Dengan adanya situs Website pada sebuah perusahaan tentunya memudahkan masyarakat dalam mengetahui semua tentang perusahaan tersebut. Dengan mengamati website terkait dapat disimpulkan bahwa website swasta sangat kreatif dan memiliki karakteristik berbeda. sebagai perusahaan swasta yang memiliki SDM yang terpilih untuk mengelola website ini memang ahli dalam teknologi informasi. Perusahaan yang bergerak di bidang pangan ini memiliki website yang begitu update

Perusahaan yang memiliki web khusus menjadikan sebagai proses pengenalan kepada masyarakat untuk daya tarik produk yang mereka jual agar masyarakat lebih terbiasa dalam mengenal mereka. Tetapi memang di Indonesia ini masyarakat tertentu yang bisa mengakses web ini, tentunya mereka juga berperan penting dalam membangun negeri ini dengan juga menjadikan produk Indonesia terkenal di luar negeri.

CONTOH WEBSITE PRIVATE/ SWASTA:

Diambil didalam website https://www.tiket.com/



Dihalaman pertama terlihat berisikan menu dan tampilan awal yang menarik. Dengan menampilkan pelayanan yang menarik serta terlihat pada gambar ada pula artis ternama yang ikut dalam mempromosikan perusahaan swasta ini tersebut. Yang memberikan pelayanan tiket kemana pun anda inginkan. Akan tersedia disini. Dengan design yang menarik juga tentunya dan juga memberikan pelayanan diskon setiap info nya yang membuat masyarakat tertarik pada perusahaan nya.



Pada halaman terakhir menunjukan jika ada kesalahan pada pelanggan silahkan hubungin yang tertera pada website nya. Lalu memperlihatkan keamanan pada pemesanan. Dan juga terlihat rapi dan kompeten dalam berbisnis.

Manfaat dari website bagi perusahaan adalah:
1) Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan. Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru
2) Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail.
3) Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail. Dalam proses pemasaran,.
4) Memudahkan client menghubungi. Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
5) Meningkatkan kualitas layanan pelanggan Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa.
6) Meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
7) Sarana Penjualan Produk. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia internet (Publikasi Bisnis)
9) Memperkenalkan Profil Perusahaan. Semakin banyak orang yang mengenal profil perusahaan kita maka akan makin terkenal profil tersebut yang berkelanjutan dengan dikenalnya prodak yang kita jual. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif karena dengan website perusahaan dapat beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari.  Selain itu juga memberikan edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang  diberikan.
10) Menjadi Sarana Resmi Publikasi Perusahaan . Lewat website, perusahaan  bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi.
11) Branding. Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website sangat diperlukan .
12) Kemudahan Memberi Informasi. konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
13) Kemudahan Melakukan Polling. Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa kita tampilkan di website.
14) Menunjukkan Kesan Profesional. Dengan adanya website mempermudah klien dalam melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang kita berikan. Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.

C.    Perbandingan Website Pemerintah dengan Swasta
Setiap orang memerlukan beragam barang dan jasa baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Produk barang atau jasa yang disediakan pemerintah ( public goods) diantaranya adalah pelayanan atas keamanan, pelayanan identitas diri seperti KTP, SIM maupun akta tanah, pelayanan listrik, pelayanan pendidikan maupun kesehatan. Meskipun untuk yang dua hal terakhir (pelayanan pendidikan dan kesehatan), pihak swasta juga menyediakannya.
Yang menjadi perbedaan mendasar antara pelayanan yang disediakan oleh negara (institusi pelayanan publik) dan swasta adalah dari sudut peran. Bahwa negara wajib mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengalokasikan (dalam bentuk pelayanan publik dan subsidi) kepada rakyat demi kesejahteraannya.
Pelayanan publik, Sistem dan perilaku birokrasi pelayanan publik lebih pada mencerminkan model organisasi yang tidak efisien dan efektif, minim akuntabilitas serta tidak berorientasi kepada masyarakat sebagai konsumen yang dilayaninya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini